Thursday 22 May 2008

Beredar Isu Jakarta Rusuh 23 Mei

http://www.jaknews.com/2008/pol/mei/22052008-1430jak05.htm
JAKNEWS.COM--Isu akan terjadinya kerusuhan di Jakarta tanggal 23 Mei ini beredar di sejumlah mailing-list (milis) dalam dua hari terakhir ini.
Kamis (22/5), di Jakarta, menerima telepon dari sejumlah pembaca yang menanyakan kebenaran isu tersebut. "Saya mendapat kiriman email mengenai kemungkinan terjadinya kerusuhan di Jakarta tanggal 23 Mei ini," ungkap Bernas, seorang pegawai bank swasta.

Isi dari email tersebut adalah "Kami dari sebuah komunitas kepemudaan di Jakarta, ingin memberitahukan kepada teman-teman sekalian, tolong disebar luaskan kepada sanak saudara, teman dan rekan sekalian bahwa kemungkinan tanggal 23 Mei 2008 akan terjadi demo besar2an yang ditunggangi oleh kepentingan politik dan lain2. Ketakutan kami adalah ter ulangnya kembali peristiwa mei 1998, karena menurut teman2 kami se komunitas beberapa sopir taksi sudah memberikan sinyalment adanya kerusuhan kembali tanggal 23 mei tersebut seiring dengan rencana pemerintah menaikkan BBM. Kami himbau agar kita semua bersiap dan berdoa agar kerusuhan Mei 1998 tidak terulang kembali...Isi dari pemberitahuan ini bukanlah hasutan tapi agar kita semua bersiap akan terulangnya peristiwa mei 1998 agar tidak menimbulkan korban, jadi dengan sangat tolong sebarkan pengumuman ini"

Namun, dalam email tersebut tidak dicantumkan dari komunitas kepemudaan mana yang menyebarkan informarsi meresahkan ini. "Mudah-mudahan polisi segera mengungkap siapa pengirim email ini dan sekaligus memberiakn rasa aman kepada warga," kata Bernas.

5 comments: